Stimulasi dan Perkembangan Bayi

Bayi akan berkembang terlepas dari seberapa banyak mereka berinteraksi dengan dunia tetapi ada batasan untuk apa yang dapat dipelajari bayi dan apa yang dapat mereka lakukan jika tidak ada kesempatan untuk mengamati atau waktu untuk melatih keterampilan. Oleh karena itu, penting untuk berbagi sebanyak mungkin pengalaman hidup Anda yang aman dan tepat dengan bayi Anda daripada membatasi pengalamannya.

Cobalah untuk tidak membandingkan bayi Anda dengan bayi lain dan kemudian khawatir jika bayi Anda tertinggal dalam salah satu tahap perkembangan fisik. Tahapan perkembangan seperti berguling, duduk, merangkak, berdiri, menjelajahi perabotan, berjalan, berbicara, dan makan sendiri terjadi pada usia yang berbeda karena bayi Anda berbeda dalam perkembangannya. Namun, biasanya ada periode waktu di mana bayi dan balita mengembangkan tonggak tertentu sehingga penting untuk mencari nasihat profesional jika Anda khawatir bahwa anak Anda jauh di belakang anak-anak lain pada usia yang sama.

Sebagian besar bayi mengikuti proses perkembangan yang sama. Perkembangan fisik dimulai dari bagian atas tubuh (kontrol leher) ke bawah (berjalan) dan dari bagian tengah tubuh (keseimbangan) hingga ujung jari tangan dan kaki (motorik halus).

Penting untuk diingat bahwa bayi Anda lahir dengan motivasi untuk berkembang dan menemukan dunia di sekitarnya. Dia adalah spons yang meresap dalam segala hal jadi beri dia berbagai kesempatan. Tetapi karena stimulasi beberapa indera seperti pendengaran, penciuman, sentuhan, rasa, dan penglihatan bergabung dalam eksplorasi yang sama, hal itu dapat membuat anak Anda kewalahan. Stimulasi yang berlebihan ini sering mengakibatkan bayi yang terlalu terstimulasi, mudah tersinggung, dan sulit untuk tenang. Bayi biasanya dapat tidur dalam 20 menit tetapi jika mereka terlalu dirangsang dengan cara apa pun, dibutuhkan waktu 50 menit bagi mereka untuk cukup tidur atau mereka mungkin tidak dapat tidur sama sekali.

Terima kasih telah membaca artikel kami ini. Kami adalah salah satu penyedia informasi seputar ibu dan anak. Jika Anda menyukai artikel kami, silahkan kunjungi artikel kami lainnya dengan mengklik tautan yang kami sediakan. [http://www.zonamama.com]

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *