Jangan Lewat Calo, Begini Cara Mengurus Sendiri Pengiriman Jenazah di Bandara

Jangan Lewat Calo, Begini Cara Mengurus Sendiri Pengiriman Jenazah di Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) membuka layanan satu atap untuk pengiriman atau penerimaan jenazah lewat pesawat udara. Hal ini punya tujuan untuk mempermudah penduduk yang idamkan sesegera kemungkinan memakamkan sanak keluarga di kampung halaman. Jangan percaya calo.

Layanan tersebut bernama Human Remain Services. Letaknya berada di terminal kargo, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Fasilitas ini udah tersedia sejak tanggal 9 April 2016 lalu.

“Layanan ini dibentuk untuk mengakomodir penduduk yang idamkan sesegera kemungkinan mengantarkan sanak saudaranya yang udah meninggal dunia untuk dimakamkan di daerah asal. Karena kejadian layaknya ini tentunya membutuhkan layanan penerbangan yang go show dan tak terduga,” kata Vice President Cargo Business AP II, Siswanto, kepada detikcom, Kamis (28/4/2016).

Siswanto melukiskan layanan ini mampu jadi alternati bagi mereka yang idamkan langsung mengantarkan jenazah keluarganya, tanpa mesti direpotkan bersama dengan mengurus dokumen, booking surat muatan hawa (SMU)/airwaybill dan tiket pesawat bagi keluarga yang bakal turut dan juga mendampingi Cargo Jenazah .

“Bayangkan saat jam 02.00 dinihari orang mengantar jenazah ke bandara dikarenakan kemungkinan jam 10.00 WIB atau 09.00 WIB pagi musti sampai kampung halaman untuk langsung dimakamkan. Keluarga musti urus dokumen, booking tiket pesawat, SMU, belum kembali jenazah yang musti diformalin sebelum diterbangkan. Bila kita menyediakan layanan tetapi tidak memaksa, tersedia loh pilihan untuk pengguna jasa tinggal terima beres supaya keluarga yang berduka dan ditimpa kemalangan mampu istirahat di ruang tunggu yang amat nyaman,” jadi Siswanto.

Pada peluang yang sama, Mitra PT Angkasa Pura II, Andri Jimmy sebagai penyedia jasa Human Remains Services mengatakan bahwa layanan yang diberikan bagi pengguna jasa menjadi berasal dari penyediaan ambulance, ruang tunggu, packaging dan ruang persemayaman saat (Coffin Room) yang memungkinkan keluarga pengantar dan penjemput mampu melaksanakan doa atau acara seremonial pelepasan atau penjemputan jenasah.

“Kita siapkan packaging cargo untuk peti jenasah yang memadai tinggi standar pelayanannya, di sini juga tersedia ruang persemayaman saat kalau-kalau tersedia keluarga yang idamkan tunggu atau mendoakan jenazah. Pengurusan dokumen-dokumen dan cek jadwal penerbangan pun mampu kita bantu,” memahami Jimmy.

Sejak diresmikan 10 April lalu, tersedia 40 jenazah yang udah diberangkatkan lewat layanan ini. Dengan layanan tersebut, diharapkan cost pengiriman jenazah udah mampu diprediksi dan tak kembali lewat calo-calo yang tak jelas.

“Kemarin tersedia keluarga berasal dari medan, mereka di bantu serupa EO gitu, mereka bayar 20 juta, pas di bawa ke sini kena cost lagi, kan gila EO-nya ambil untungkan amat besar,” papar Jimmy.

Saat ini tarif yang berlaku di Human Remain Services masih promo dan bakal tetap dievaluasi. Namun, saat cost yang dikenakan untuk penanganan satu jenazah di angka Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

Untuk cost pengurusan jenazah berasal dari dan ke luar negeri, Siswanto menyebut tersedia selisih sekitar Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. “Karena tersedia cost untuk custom Bea Cukai dan Imigrasi,” imbuhnya.

Tarif di atas adalah untuk cost penanganan saja. Belum juga cost pengiriman. Ongkos pengiriman jenazah amat terkait target penerbangan. Untuk perihal ini, AP II dan Human Remain Services udah menerapkan tarif paket, yang mencakup cost penanganan tadi.

Misalnya, cost untuk mengirim jenazah ke zona 1 yang meliputi Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Surabaya, adalah Rp 6 juta. Ongkos tersebut udah mencakup cost penanganan dan pengiriman. Lain kembali disaat hendak mengirim jenazah ke arah Sumatera atau zona 2, meliputi Jambi, Tanjung Karang, Tanjung Pinang sampai Palembang, biayanya meraih Rp 7 juta. Untuk zona tiga layaknya Pontianak, Pekanbaru, Batam, biayanya Rp 8 juta.

Anda tinggal mampir ke human remains service, lantas mengisi dokumen layaknya surat kematian dan surat embalming (formalin) berasal dari tempat tinggal sakit. Setelah itu, jenazah bakal diproses sampai jenazah dimasukkan pesawat. Pengantar tinggal fokus mengurusi tiket untuk dirinya sendiri di maskapai. Selain langkah tersebut, mampu juga lewat agen atau yayasan tempat tinggal duka yang berkoordinasi bersama dengan human remain service.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *